Wednesday, August 3, 2011

Hikmah Dalam Membaca Al-Qur’an

Hikmah Dalam Membaca Kitab Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an mendatangkan rahmat dari Allah Ta’ala.

”Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitabullah dan mendirikan salat serta menafkahkan sebagian rizqinya yang telah kami anugerahkan kepadanya secara diam-diam dan terang-terangan mereka mengharapkan suatu perniagaan yang tiada merugi agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya Sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha mensyukuri."

Sebagian ulama berpendapat bahwa membaca Al-Qur’an itu lebih utama daripada membaca tasbih tahlil dan dzikir-dzikir lainnya.

Perumpamaan mukmin yang  membaca Al-Qur’an.

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

“Perumpamaan seorang mukmin yang  membaca Al-Qur’an ialah ibarat buah utrujjah baunya harum dan enak rasanya sedangkan perumpamaan orang mukmin yg tidak membaca Al-Qur’an adalah ibarat buah kurma tidak berbau tapi manis rasanya.

Adapun perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an ialah bagaikan wewangian baunya harum tapi pahit rasanya, sedangkan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an adalah bagaikan buah hanzolah tidak berbau lagi pahit rasanya."


Terkait pahala membaca Al-Quran, Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an dihitung untuknya satu kebaikan dan pahala satu kebaikan adalah sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan “Aliif laam miim” itu satu huruf melainkan Aliif satu huruf Laam satu huruf dan Miim adalah satu huruf."

Al-Qur’an menentukan tinggi atau rendahnya tempat di surga bagi pembacanya.

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

“Nanti akan dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an “Bacalah dan naiklah bacalah ia dengan tartil seperti kamu mentartilkan bacaannya sewaktu di dunia. Sesungguhnya tempatmu itu adalah berdasarkan ayat terakhir yang kamu baca."

Selain itu Al-Qur’an juga akan memberi syafa’at kepada pembacanya besok di akhirat

Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

 “Bacalah selalu Al-Qur’an sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti untuk memberi syafa’at kepada para pembacanya”.


Balasan di akhirat bagi orang tua yang anaknya selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an


Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Barangsiapa selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya niscaya Allah akan memakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya besok di hari kiamat yg mana cahaya mahkota tersebut lbh indah dari cahaya matahari yg menyinari rumah-rumah dunia. Maka apakah gerangan balasan pahala yg akan dianugerahkan kepada orang yg membaca dan mengamalkan Al-Qur’an itu sendiri."

Membaca Al-Qur’an secara kontinyu adalah termasuk dambaan tiap muslim.
Oleh karena itu mereka yang tidak sempat atau tidak mampu untuk melakukannya akan merasa iri dengan yang lainnya dan inilah iri hati yang dibenarkan agama. Dalam sebuah hadits shahih Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak diperbolehkan iri hati kecuali terhadap dua hal yakni kepada seseorang yang dianugerahi Allah Al-Qur’an yg selalu ia lakukan siang dan malam dan kepada seseorang yang diberi Allah harta kekayaan yang  selalu menafkahkannya siang dan malam”.

0 comments:

Post a Comment

BIMBINGAN/KURSUS BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN ONLINE PRIVAT DAN REGULAR

 Assalaamu 'Alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh 
Alhamdulillahi robbil 'aalamiin, segala puji bagi Alloh SWT atas segala anugerah-Nya yg tak patut bagi kita untuk mengkufuri limpahan nikmat tersebut. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Rosululloh Muhammad SAW, adalah  Nabi yang diberikan wahyu Alqur'anul Karim sebagai petunjuk ummatnya untuk mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat.



Firman Allah SWT :

"Dan bacalah Al-Quran itu secara tartil (bertajwid)" (Q.S. Al-Muzammil: 4).

Sabda Rasulullah SAW :

Sebaik-baik dikalangan kamu ialah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majjah).

Blog ini kami hadirkan untuk ikhwan/akhwat (semua saudara seiman muslim-muslimah) yang memiliki minat belajar membaca Al-qur'an namun menemui kesulitan waktu ataupun kesulitan jarak tempuh untuk menghadiri majelis pembelajaran Alqur'an secara offline. Melalui internet, kami memberikan solusi bimbingan belajar membaca Al-Qur'an kepada segenap ikhwan/akhwat secara online menggunakan Chat Webcam. Insya Alloh dengan sarana ini semua ikhwan/akhwat bisa menjalankan minat dalam belajar membaca Al-Qur'an walaupun berada di daerah atau negara-negara yang jauh.